Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak

Khasiat dan manfaat buah sirsak. Sirsak adalah buah yang memiliki banyak kandungan serat di dalamnya. Buah ini memiliki duri pada kulitnya seperti parutan kelapa dan berwarna hijau. Awalnya sirsak berasal dari wilayah Amerika, namun seiring perkembangannya, sirsak mulai masuk ke negara Eropa dan akhirnya masuk dan dibudidayakan di Indonesia. Buah sirsak ini dagingnya berwarna putih, bijinya berwarna hitam, dan memiliki rasa yang masam. Buah ini dapat langsung disantap ketika sudah matang. Buah ini juga dapat dibuat minuman jus yang dipadukan dengan gula dan susu yang dapat menambah nikmat rasa buah sirsak ini.
khasiat buah sirsak

Khasiat dan manfaat buah sirsak.
Manfaat buah sirsak terdapat pada kandungan seratnya yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam tubuh, sehingga dapat juga membantu sembelit maupun susah buang air besar. Sirsak kini juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan minuman segar yang digunakan oleh beberapa perusahaan minuman di Indonesia. Manfaat sirsak sangat banyak, tidak hanya pada buahnya saja namun daunnya juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi mencret pada anak. Manfaat sirsak sebagai obat tradisional ini sudah diketahui sejak jaman dahulu. Bahkan sirsak juga dapat digunakan sebagai obat pestisida.

Analisa beberapa kandungan nutrisi  penting  dalam 100 gram sari sirsak adalah
  • Vitamin C : 20mg
  • Lemak : 0,3g
  • Serat : 3,3g
  • Kalium : 278mg
  • Sodium : 14mg

Manfaat sirsak untuk kesehatan berdasarkan kandungan nutrisi  diantaranya:
  1. Karbohidrat dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang kurang sempurna dan dapat menambah energi tubuh.
  2. Vitamin B1. Vitamin B1 dapat meningkatkan  selera makan, menyerap lemak, menyeimbangkan air di dalam tubuh, dan sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat.
  3. Vitamin C yang terkandung  dalam buah sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, membantu menyehatkan gusi, dan sebagai metabolisme lemak.
  4. Vitamin B2 baik untuk pertumbuhan, memberikan tambahan energi  pada sel, dan memelihara jaringan kulit khususnya di sekitar mulut.
  5. Fosfor dan kalsium berfungsi sebagai pencegah osteoporosis dan menguatkan tulang.
  6. Mineral dan Serat yang dibutuhkan tubuh. Serat dan Mineral dapat membantu proses pencernaan dan detoksifikasi.

Sirsak juga dapat mengatasi penyakit diabetes, sebagai obat diare, maag, disentri, demam, dan mampu mengatasi  flu. Berbagai manfaat sirsak ini sangat penting bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya sampai disitu, peneilitian tentang sirsak terus dikembangkan dan ternyata daun sirsak selain untuk mengobati mencret juga dapat bermanfaat sebagai  peringan rasa sakit pada kandung air seni, pengobatan pada penyakit ambeien, pengobatan pada penyakit reumatik, lever , hingga penyakit yang berbahaya yaitu penyakit kanker. Bunganya juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati batuk ringan hingga bronkitis. Bahkan kulit dari pohon sirsak ini juga dapat digunakan sebagai pengobatan asma, hipertensi,  meringankan batuk, dan juga digunakan sebagai obat penenang.

Tanaman sirsak mudah beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini mempermudah proses pembudidayaan sirsak. Di negara Indonesia sendiri tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada kisaran ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Buah ini mempunyai berat hingga mencapai 3 kg dan mempunyai ukuran antara 20 – 30 cm. Untuk budidayanya sendiri sebaiknya ditanam dari hasil pencangkokan atau pembelian bibit yang sudah menjadi pohon. Karena penanaman dengan menggunakan biji akan memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi pohon.

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak"

Poskan Komentar