Cegah Kanker Serviks, Kenali ciri ciri Kanker Serviks Sejak Dini

Cegah Kanker Serviks,  Kenali ciri ciri Kanker Serviks Sejak Dini - Kanker leher rahim merupakan penyakit yang masih menjadi momok menakutkan penyebab kematian nomor satu yang sering kali terjadi pada wanita di Indonesia. Sekitar 80 % kasus kanker leher rahim atau yang disebut juga kanker serviks ini terjadi pada wanita yang hidup di bagian negara berkembang. Di Indonesia sendiri  secara penghitungan angka secara statistik terdapat 90-100 kasus kanker leher rahim per 100.000 penduduk.

Kasus penyakit kanker serviks pada umumnya disebabkan oleh infeksi yang terus menerus dari Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini biasanya ditularkan melalui hubungan intim. Di Negara berkembang penyakit ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara maju. Tingginya kasus di negara berkembang dikarenakan terbatasnya akses screening serta pengobatan.
Oleh karena itu, sebagai wanita kita perlu membekali diri kita untuk mengenali ciri – ciri kanker serviks .

daerah kanker serviks

Mendeteksi penyakit sedini mungkin akan memperbesar peluang kesembuhan.
Sebelum mengetahui bagaimana ciri – ciri kanker serviks , kita perlu berkenalan lebih dalam terlebih dahulu apa itu kanker serviks.
Bagaimana pertumbuhan kanker serviks?

Tahap kanker serviks biasanya di klasifikasikan menjadi beberapa tahapan stadium. yaitu:

  • Stadium 0 : Stadium ini disebut juga dengan ”Carsinoma in-situ” yang mana itu artinya kanker “masih berada di tempatnya” dan belum menyerang bagian lain.
  •  Stadium 1 : berarti kanker baru telah berada di leher rahim.
  •  Stadium 2 : Kanker mulai menyebar ke luar bagian leher rahim dan menuju ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Akan tetapi kanker belum tumbuh sampai ke dalam otot-otot atau ligament dibagian dinding panggul atau ke Va-gi-na bagian bawah.
  •  Stadium 3 : Pada stadium 3 ini, kanker serviks sudah menyebar jauh dari serviks menuju ke dalam struktur di daerah panggul. Kanker kemungkinan telah tumbuh ke dalam Va-gi-na bagian bawah dan otot-otot serta ligament yang melapisi dinding panggul. Dan memungkinkan juga kanker sudah tumbuh memblokir saluran kencing. Pada tahap stadium ini biasanya dokter akan menyarankan pengobatan dengan radioterapi dan kemoterapi.
  •  Stadium 4 : Kanker serviks stadium 4 merupakan stadium kanker yang paling parah. Karena kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh di luar serviks dan Rahim, biasanya kanker menyebar ke organ-organ seperti kandung kemih dan dubur. Atau bahkan yang lebih parah kanker akan menyebar ke organ tubuh yang sangat jauh dari serviks misalnya bagian paru-paru. Pada stadium ini kanker akan diobati dengan pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi atau kombinasi segalanya, akan tetapi peluang kesembuhan semakin kecil karena jaringan sel kanker telah menyebar hampir ke bagian organ-organ lain di luar wilayah serviks

Menurut peneliti Sukaca, ciri – ciri kanker serviks dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu gejala pra kanker serviks dan gejala kanker serviks.
Gejala pra kanker serviks biasanya ditandai dengan gejala :
  1. Keluarnya cairan encer dari dalam Va-gi-na atau yang biasa di sebut dengan keputihan
  2.  Sering mengalami pendarahan setelah melakukan sanggama yang kemudian dapat berlanjut menjadi  pendarahan yang abnormal.
  3.  Pada fase invasive biasanya dapat juga mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan, berbau dan juga bercampur dengan darah.
  4.  Timbulnya gejala-gejala anemia bila terjadi pendarahan yang kronis
  5.  Timbulnya nyeri dipanggul atau pelvis atau diperut bagian bawah bila ada radang di area panggul
Gejala Kanker Serviks:
Bila sel-sel Abnormal ini berkembang dan menjadi kanker serviks, maka biasanya akan muncul gejala-gejala sebagaimana berikut:
1. Va-gi-na akan mengalami pendarahan yang tidak normal.
Yang ditandai dengan pendarahan diantara periode menstruasi yang regular, periode menstruasi lebih lama dan lebih banyak dari biasanya, atau pendarahan setelah hubungan intim.
2. Rasa sakit pada Va-gi-na saat melakukan hubungan intim
3. Bila kanker telah berkembang makin lanjut maka dapat menimbulkan gejala-gejala seperti penurunan berat badan, nyeri pada panggul, mudah kelelehan, berkurangnya nafsu makan, bahkan keluar tinja dari Va-gi-na, dan lain sebagainya

Jika anda mendapati satu atau beberapa gejala yang sama dengan ciri – ciri kanker serviks, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter, sekali lagi jangan takut untuk memeriksakan keluhan-keluhan kecil pada diri anda, semakin dini anda memeriksakan diri, maka peluang kesembuhan dan biaya yang di keluarkan juga akan semakin kecil.
Demikianlah tadi sedikit ulasan tentang Cegah Kanker Serviks,  Kenali ciri ciri Kanker Serviks Sejak Dini, Semoga memberikan informasi  yang bermanfaat khususnya bagi anda para wanita.

1 Response to "Cegah Kanker Serviks, Kenali ciri ciri Kanker Serviks Sejak Dini"


  1. mari bergabung dan bermain di ION^QQ (,) com dan raih kesempatan menang lebih besar...
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus