Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Cara Alami Menurunkan Kolesterol. Kolesterol dengan kadar tinggi dalam  darah sejak lama diketahui dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Pola konsumsi jenis makanan tertentu yang berlebihan atau dalam porsi yang tak tepat, apalagi dilakukan secara continue, adalah faktor pemicu kolesterol. Untungnya, ada ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menurunkan kolesterol.

Sebenarnya apa itu kolesterol? Kolesterol adalah senyawa lemak yang terdapat dalam darah. “Lemak jahat” dari hewan disebut kolesterol, sedangkan dari tumbuhan disebut trigliserin. Minyak goreng diolah dari tumbuhan, jadi jika disebut minyak goreng mengandung kolesterol tinggi itu salah kaprah, karena lemak yang terkandung dalam minyak goreng disebut trigliserin.

Jika Anda menjumpai ada minyak goreng yang menyebutkan dalam keterangan produknya bahwa dia tidak menyebabkan kolesterol, itu betul. Dia tidak salah. Karena dia menyebabkan hal yang satunya, yaitu trigliserin tinggi (jika dikonsumsi berlebihan).

Ada 2 jenis kolesterol

1. Kolesterol yang baik
Sering disebut juga High Density Lipoprotein (HDL). Tipe ini tidak mengendap di pembuluh darah arteri dan malah melindungi pembuluh darah dari Aterosklerosis (terjadinya endapan/plak pada dinding pembuluh darah.

2. Kolesterol yang jahat
Sering disebut juga Low Density Lipoprotein (LDL). Tipe inilah yang menyebabkan pengendapan di pembuluh darah arteri. Penyakit jantung atau stroke bisa terjadi karena kolesterol tipe ini.

Kolesterol sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh, antara lain untuk membentuk gairah seksual dan pertumbuhan. Trigleserida digunakan untuk pembentukan sel-sel tubuh, antibodi, hormonal, dll. Baik kolesterol maupun trigliserida bisa menjadi jahat dan menyebabkan beragam penyakit ketika mereka dikonsumsi terlalu banyak, dalam waktu lama, dan berkesinambungan/continue.

Kadar kolesterol normal adalah 160-200 mg, dikatakan tidak normal jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke. Sedangkan kadar trigleserida normal adalah 150 mg/dl – 200 mg/dl. Jika kurang atau lebih dari angka tersebut maka tubuh terancam kesehatannya, sebab trigleserida dapat menjadi pemicu kolesterol jahat/LDL. Kolesterol jahat inilah yang selanjutnya akan mempercepat efek perusakan (timbulnya endapan/plak) pada pembuluh darah. Akibatnya muncul bermacam penyakit pembuluh darah, antara lain hiperlipidemia, hipertensi (tekanan darah tinggi), jantung bengkak, lemak jantung, jantung koroner, migrain, vertigo, aterosklerosis, dan stroke.

Untuk menurunkan kadar si kolesterol jahat/LDL, Anda harus mengurangi asupan lemak jenuh. Lemak jenuh berasal dari 2 hal, yaitu dari:

  •     Produk-produk hewani, misalnya daging, susu, krim, mentega, dan keju. 
  •     Produk-produk nabati, misalnya santan, minyak kelapa, dan lemak nabati.

Untuk menurunkan kolesterol, trigliserida, dan mencegah beberapa penyakit ganas seperti yang telah disebutkan di atas, Anda musti melakukan 3 hal berikut ini : Makan makanan sehat, mengonsumsi suplemen berkualitas, berolah raga dan detoksifikasi secara teratur.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi :

    Teh
Teh memiliki antioksidan dan kafein yang lebih rendah daripada kopi. Teh yang baik untuk tujuan ini adalah teh yang sudah diramu khusus yang mengandung Gynostemma Pentaphyllum, Green Tea, dan Gynosaponins.
  
    Gandum
Sudah sejak lama gandum dikenal sebagai makanan yang berkhasiat menurunkan kolesterol. Dengan 2 porsi gandum (porsi makan normal) maka LDL (kolesterol jahat) dapat menurutn sebesar 5,3 persen dalam waktu 6 minggu. Dalam gandum terkandung zat bernama beta-glucan yang mampu menyerap kolesterol jahat.
  
    Kacang-kacangan
Dalam kacang-kacangan terkandung lemat alami dan sehat. Dapat membuat jantung sehat, mengenyangkan dan kaya akan gizi. Tapi dalam kacang juga terkandung protein tinggi. Jika berlebihan bisa menyebabkan jerawat.
   
    Bayam
Dalam bayam terkandung 13 senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis.
  
    Minyak zaitun
Dalam minyak trigliserida. ini terkandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berkhasiat untuk menurunkan kadar berkolesterol jahat/LDL dan

    Buah delima
Buah delima memiliki kandungan antioksidan super yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap efek negatif akibat radikal bebas. Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol jahat/LDL sebanyak 40 persen, dengan demikian menurunkan penumpukan LDL dalam darah dan arteri.

    Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL. Sayangnya, alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga harus dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang bisa menekan kalori. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung kurang lebih sekitar 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh sedangkan kebutuhan tubuh manusia normal pada umumnya adalah 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya.

    Mede, Almon, dan Kenari
Lemak tak jenuh tunggal, di dalam kacang mede, almon, dan kenari adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.
    Kacang-kacangan itu juga mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Sayangnya, seperti alpukat, kacang-kacang ini sangat tinggi protein. Jadi, jangan rakus makan kacang agar manfaatnya benar-benar maksimal.

    Bawang Putih
Bawang putih telah lama dikenal mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia. Bangsa Mesir Kuno menggunakan bawang putih sebagai bahan alami untuk meningkatkan stamina. Di zaman modern ini, bawang putih dipakai untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Hasil penemuan paling mutakhir, bawang putih dipercaya dapat mencegah partikel kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.

    Ikan salmon
Ikan salmon banyak sekali mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu menjaga kondisi jantung tetap baik dan menjauhkan risiko kadar kolesterol tinggi, serangan jantung, stroke dan meningkatkan kolesterol baik sebesar 4 persen.

Cara menurunkan kolestrol dengan alami
Secara umum, kolesterol tinggi yang bisa mengakibatkan penyakit-penyakit fatal tadi dapat diturunkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan berserat. Sebagai Contohnya yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran. Serat berfungsi untuk memperlancar metabolisme dan ekskresi (BAK & BAB lancar) serta menangkap lemak di usus halus yang akan masuk ke pembuluh darah melaui dinding usus.

Pertanyaannya, berapa kilogram sayur-sayuran dan buah-buahan yang mesti kita makan setiap hari agar tubuh sehat? Sementara dilain pihak banyak orang sejak usia kanak-kanak sering malas makan sayur. Ditambah lagi memilih dan memilah-milah sayuran mana yang tepat dan berguna bagi kesehatan sesuai tujuan yang Anda inginkan pun bukan hal yang mudah, karena ada ilmunya. Minimal Anda harus pintar menghafal dan meracik (memasak) sayuran dengan tepat. Belum lagi waktu yang harus Anda luangkan untuk mengolah semua itu.

Beruntung di zaman ini telah ada cara pengolahan saripati (ekstrak) dari sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi ekstrak nutrisi/suplemen menggunakan bioteknologi moderen sehingga bisa dikonsumsi secara praktis dan efisien. Dengan demikian di dalam suplemen tersebut hanya terdapat saripati/inti dari sayuran yang paling berguna dan bermutu saja di dalamnya. Jadi kini Anda bisa memilih, makan berkilo-kilo sayuran, buah, atau makan lain agar mencapai efek kesehatan tertentu atau dengan menambah nutrisi tubuh menggunakan suplemen.

Suplemen ini langsung masuk ke pembuluh darah dan membersihkan kolesterol serta toksik (racun) lainnya yang mengakibatkan penyempitan di pembuluh darah. Aktivitas pembersihan ini disebut detoksifikasi. Rajin melakukan detoksifikas (mengonsumsi suplemen) setiap hari menjamin tubuh Anda terhindar dari penyakit mematikan dan bikin bangkrut tersebut.

Bahkan saat ini telah ada pula cara alami detoksifikasi dengan cara yang amat mudah, yaitu tidur atau berbaring di atas matras (yang dirancang khusus). Dengan hanya membaringkan tubuh Anda di atas matras selama 1 jam atau beberapa jam maka racun, kolesterol, dan unsur-unsur negatif lainnya dapat luruh. Dalam penggunaannya, matras ini sangat tepat untuk terapi stroke, diabetes, penyakit jantung, kanker, dan beragam penyakit mematikan lainnya.

0 Response to "Cara Alami Menurunkan Kolesterol"

Poskan Komentar