Gejala Penyakit Amandel dan Cara Mengobatinya

Gejala Penyakit Amandel dan Cara Mengobatinya.  Radang amandel atau Tonsilitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada amandel. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak usia 3 sanampai 7 tahun. Di usia tersebut anak memiliki amandel dengan ukuran yang lebih besar dibandikngkan dengan orang dewasa. Amandel terdiri dari susunan jaringan limfa yang berfungsi mennghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. Ironisnya penghasil antibodi ini sendiri rentan terkena infeksi oleh virus maupun bakteri.

Banya kasus penyakit amandel terjadi. Diperkirakan 15% anak yang pergi ke dokter karena alasan penyakit ini. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan tonsilektomi atau pengankatan tonsil melalui operasi. Tapi itu tetap menjadi alternatif terakhir karena masih ada tindakan pencegahan dan alternatif pengobatan yang lain.

Sakit Amandel

Penyebab Penyakit Amandel (Tonsilitis)
Bakteri streptokokus, merpakan bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Bakteri ini bisa ditularkan dari orang ke orang. Ia bisa menyebabkan radang tenggorokan dan dalam kondisi  tertentu bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti demam tinggi.
•    Virus
Radang amandel bisa disebabkan oleh virus, khususnya virus yang menyerang pernapasan dan penyebab flu. Radang yang disebabkan oleh virus lebih ringan dan tidak begitu terasa jika dibandingkan dengan bakteri.
•    Infeksi Mononucleosis
Infeksi ini disebabkan olehh virus Epstein-Barr yang bisa memicu gejala penyakit amandel pada anak-anak.

Gejala Penyakit Amandel
Gejal umum yang dialami penderita amandel adalah sakit di tengorokan dan bisa terasa samapai telinga karena tenggorokan dan telinga punya rangkaian saraf yang sama. Rasa sakit tersebut semakin parah jika dipakai untuk menelan makanan. Biasanya anak anda yang tekena gejala ini akan susah makan karena rasa sakit tersebut.

Gejala Penyakit Amandel Lainnya:
•    rasa sakit dibadan
•    sakit kepala
•    demam
•    muntah

Pada dasarnya semua bentuk radang amandel dapat sembuh dengann sendirinya melalui mekanisme tubuh. Hal ini tergantung kondisi pertahanan tubuh dan apa penyebab radangnya. Jika disebabkan oleh mononukleosis akan lebih lama masa penyembuhannya.

Mendiagnosis Penyakit Radang Amandel
Buka mulut anak anda lalu perintahkan untuk bersuara. Akan terlihat amandel di bagian belakang tenggorokan tampak merah  akibat radang. Ada kecenderungan, untuk amandel yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr akan ada bintik-bintik merah pada langit-langit mulut. Cara mendiaknosa lewat fisik ini sudah cukup ampuh untuk mendeteksi adanya penyakit amandel.

Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Amandel
Jika anda atau anak anda menderita tonsilitis, yang harus anda atau anda lakukan adalah istirahat dan jangan sampai mengalami dehidrasi. Anda bisa mengambi acetaminophen untuk mengurangi gejalanya. Hindari penggunaan asam asetilsalisilat pada anak dengan inveksi virus karena dapat menyebabkan sindrom Reya. Sindrom reye adalah suatu kondisi berbahaya yang dapat memepengaruhi otak dan hati.
Beberapa anak yang menderita amandel mengalami penyakit amandel kronis yang berulang.Untuk kasus ini segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar.

0 Response to "Gejala Penyakit Amandel dan Cara Mengobatinya"

Poskan Komentar