6 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil & Janin Sejak Trimester Pertama

          Menjadi ibu hamil adalah anugerah bagi setiap wanita. Setuju, Mum? Ya, tentunya masa trimester awal juga menjadi masa penting bagi pertumbuhan janin. Oleh karena itu, demi kesehatan Mum dan si Kecil di dalam kandungan, perhatikan beberapa hal di bawah ini, yuk!

Rutin memeriksakan diri kedokter kandungan
Mum dapat berkonsultasi mengenai kehamilan dan  perkembangan  janin pada dokter kandungan. Ahli medis ini juga akan memberikan berbagai pengetahuan seputar cara menjaga kesehatan Mum dan  janin, nutrisi ibu hamil yang diperlukan, hingga petunjuk aktivitas fisik yang aman. Dokter juga akan memeriksa kondisi  kesehatan dan  tekanan darah, serta mengukur berat badan  Mum.

Cukupi kebutuhan Asam Folat
Asam Folat berperan dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Mum membutuhkan Asam Folat  sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, serta buah jeruk.

Berhenti merokok
Asap rokok tentunya dapat membahayakan kesehatan Mum dan janin di dalam  kandungan. Janin yang terkena dampak asap rokok pun bisa mengalami kondisi berat badan rendah pada saat  lahir nanti. Tak hanya itu, ibu hamil  yang  merokok memiliki risiko keguguran lebih tinggi.

Berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan
Hindari sembarangan  mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, apabila Mum mengalami sakit seperti flu atau batuk. Obat-obatan tersebut mungkin saja berdampak negatif  bagi sang janin. Agar lebih aman, konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat guna menjaga kesehatan dan  petumbuhan janin.

Perhatikan asupan ibu hamil
Makanan tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi Mum, tetapi  juga asupan bagi sang janin. Perbaikilah pola makan  Mum dengan mengonsumsi menu seimbang. Pada trimester pertama, Mum tidak memerlukan  terlalu banyak kalori. Hati-hati juga dalam  memilih makanan. Tahukah, Mum? makanan-makanan seperti telur setengah matang atau  mentah,  kerang mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini karena ibu hamil lebih rentan terserang bakteri dari hidangan yang belum matang.

Siasati morning sickness
Morning sickness kerap dialami ibu hamil pada trimester pertama. Mum akan merasakan mual sebagai gejala kehamilan yang paling nyata, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Mual dan muntah bisa terjadi sepanjang hari, namun yang terburuk adalah pada pagi hari. Mum dapat mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan tinggi Protein, seperti keju, daging, susu ibu hamil, atau biskuit. Pilihan lain adalah jus buah atau air jahe. Apabila kondisi mual dan muntahnya tidak kunjung mereda,sebaiknya Mum berkonsultasi kepada dokter.

Add caption


0 Response to "6 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil & Janin Sejak Trimester Pertama"

Posting Komentar