Penyakit Parkinson Pada Lansia

Penyakit Parkinson Pada Lansia. Mungkin kita pernah melihat seorang lansia yang tangannya bergetar terus tanpa dia kehendaki. Atau melihat seorang lansia yang dari sudut bibirnya selalu keluar air liur, kalau jalan kakinya seperti diseret-seret. Besar kemungkinan dia itu terserang penyakit parkinson. Karena pada umumnya penyakit parkinson menyerang orang lansia, meskipun pada beberapa kasus menyerang orang yang berusia muda.


Apa itu Penyakit Parkinson?
Parkinson adalah penyakit yang belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun diduga banyak faktor yang memicu munculnya penyakit parkinson pada seseorang, termasuk virus dan kuman, namun tidak ada pengaruh turunan.

Parkinson merupakan pergerakan progresif yang lambat. Gejala yang mencolok adalah ketika seorang penderita sedang diam, maka ia tak bisa mengontrol beberapa bagian tubuhnya, bergetar dengan sendirinya. Gejala lain lansia yang terserang penyakit parkinson adalah pada wajah yang sering diibaratkan topeng, tidak menunjukan ekspresi sesuai dengan suasana hatinya, kaku, kedipan mata yang kurang/jarang atau kedipan matanya tidak normal, badan bungkuk, berjalan terhuyung-huyung tanpa mampu untuk berhenti.
Penyebab Penyakit Parkinson Belum Diketahui

Depresi juga sering menyertai penyakit parkinson. Parkinson terjadi ketika sel-sel otak yang memproduksi dopamin mati. Kekurangan dopamin menyebabkan banyak sel-sel otak yang mati dan menyebabkan kerusakan yang tak terkendali, menyebabkan gangguan pada otot yang kemudian tidak bisa mengendalikan gerakan beberapa bagian tubuh, terutama tangan juga kaki.

Penyakit Parkinson Belum Bisa Disembuhkan

Yang belum bisa ditemukan adalah penyebab mengapa sel-sel otak itu bisa berhenti memproduksi dopamin? Ini masih terus dilakukan penelitian oleh para ahli. Banyak kalangan berkeyakinan, bila penyebab itu ditemukan, bukan mustahil penyakit parkinson bisa dihentikan. Selama ini penyakit parkinson pada lansia masih masuk kategori tidak bisa disembuhkan.

0 Response to "Penyakit Parkinson Pada Lansia"

Posting Komentar