Hal yang Menyebabkan Diabetes

Hal yang Menyebabkan Diabetes | Dulu banyak yang menganggap bahwa Hal yang Menyebabkan Diabetes adalah karena keturunan. Meskipun tidak salah, tapi sekarang faktor keturunan yang sekitar 10 persen, sisanya 90 persen karena pola hidup yang tidak sehat. Artinya, sekarang meskipun kita tidak mempunyai keluarga yang terkena diabetes, kita berpotensi terkena diabetes kalau mempunyai pola hidup yang tidak sehat.

kolestrol tinggi salah satu penyebab diabetes

Penyebab Diabetes
Lalu hal apa saja dari pola hidup yang tidak sehat, yang bisa menyebakan diabetes?
  1. Obesitas atau Kegemukan. Pada orang yang mengalami obesitas keperluan insulin lebih banyak daripada orang yang langsing. Celakanya, sel-sel tubuh berebut atau bersaing dengan jaringan lemak untuk mendapatkan insulin. Pankreas pun bekerja keras untuk memenuhi permintaan kebutuhan insulin yang lebih banyak. Karena kerja pankreas yang berlebihan itu, lama-lama pankreas akan rusak dan tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan insulin untuk tubuh. Insulin diolah oleh pankreas dari zat gula dari makanan yang diolah oleh lambung, ketika pankreas rusak, zat gula itu tidak bisa diolah dan terus mengalir melalui darah. Itulah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.
  2. Usia Tua. Pada orang yang berusia tua terjadi penurunan fungsi organ tubuh, sehingga menjadi lebih peka insulin. Penurunan fungsi pankreas dan produksi insulin, dan respon organ tubuh pada kadar gula darah yang tidak stabil. Apalagi bila kurang bergerak dan mempunyai pola hidup yang tidak sehat.
  3. Merokok. Rokok mempunyai efek negatip yang sangat berbahaya. Bisa memicu diabetes karena efek rokok bagi tubuh bisa mengacaukan fungsi organ tubuh menjadi tidak kerja maksimal.
  4. Kurang bergerak. Kurang bergerak artinya kurang mengeluarkan keringat dan metabolisme tubuh tidak berjalan normal. Racun-racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan polusi udara, menumpuk dalam tubuh dan meracuni organ-organ tubuh termasuk pankreas. pankreas.
  5. Mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Makanan berkolesterol tinggi menyebabkan terganggunya organ-organ tubuh termasuk pankreas. Konsumsilah makanan yang sehat.
  6. Hipertensi. Hipertensi seperti kita ketahui juga menyebabkan penurunan fungsi organ-organ tubuh, termasuk pankreas.
  7. Stres berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Hormon-hormon yang seharusnya bekerja menjaga keseimbangan kerja organ tubuh menjadi menurun, termasuk pankreas.

Nah, itulah 7 penyebab penyakit diabetes yang bisa diderita oleh setiap orang. Bila satu atau lebih dari 7 hal di atas terjadi pada diri kita, tidak tertutup kemungkinan kita jadi penderita diabetes atau sudah menunjukan gejala-gejalanya.

0 Response to "Hal yang Menyebabkan Diabetes"

Posting Komentar